Sering kita menjumpai silica gel didalam produk yang baru saja Anda bel, misalkan sepatu. Tahu kah Anda beda silica gel biru dan silica gel putih?

Diantara kita mungkin masih awam dengan kemasan kecil yang sering kita jumpai pada barang, obat-obatan atau makanan kering yang baru saja dibeli. Kemasan kecil yang sepertibutiran sterofom namun keras tersebut dinamakan silica gel. Silica gel tersebut bertujuan untuk menyerap kelembaban pada produk tersebut agar tidak mudah rusak dan bebas dari mikroorganisme perusak.

Tapi, tahukah Anda bahwa silica gel terdapat yang biru dan putih. Beda silica gel biru dan silica gel putih sangat mencolok bahkan objek kegunaannya pun hampir berbeda.

Beda Silica Gel Biru dan Silica Gel Putih Yang Terdapat Dipasaran

CS Pengawet Kayu

Silica gel sudah banyak ditawarkan dipasaran dengan berbagai kemasan sehingga jauh lebih memudahkan Anda dalam memilih. Namun, masih banyak orang belum mengetahui beda silica gel biru dan silica gel putih. Ya, sebenarnya silica gel terdapat beberapa jenis namun yang akan kami bahas disini adalah silica gel biru dan silica gel putih.

Selintas, silica gel biru dan silica gel putih hampir sama yaitu sama-sama digunakan untuk  menyerap kelembaban pada suatu produk. Namun, jika dilihat dari keamanan silica gel antara silica gel putih dan silica gel biru amatlah jauh. Silica gel biru jauh berbahaya mengandung bahan yang menyebabkan keracunan jika digunakan dalam jangka waktu lama. Bahan utama yang digunakan pada silica gel biru adalah Cobalt Chloride. Seperti yang kita ketahui bahwa senyawa Cobalt berbahaya jika dihirup, dampak yang ditimbulkan diantaranya adalah alergi kulit, asma, gangguan ginjal, jantung, liver, tyroid atau juga mengakibatkan fibrosa paru. Sedangkan silica gel jauh lebih aman karena menggunakan bahan sodium silikat.

Perbedaan silica gel biru dan silica gel putih sangat lah mudah, Anda cukup melihat dari kemasan saja maka Anda sudah bisa mengetahuinya. Pada umumnya, silica gel biru berbentuk butiran grubal dengan warna biru elektrik, sedangkan silica gel dengan warna putih transparan atau bening. Kegunaan silica gel biru dan silica gel putih hampir sama, yang membedakan adalah silica gel putih bisa digunakan untuk makanan kering dan obat-obatan sedangkan silica gel biru hanya bisa digunakan untuk alat elektronik, mesin dll.

Baca juga:
Penyerap Kelembaban Kontainer Yang Tahan Lama
Penyerap Lembab Kontainer Untuk Pengiriman Makanan Kering
Penyerap Lembab Ruangan Penyimpanan

Jual Silica Gel Aman Untuk Produk

Setelah mengetahui beda silica gel biru dan silica gel putih di atas, kami menawarkan produk silica gel dengan kandungan bahan yang aman digunakan, yaitu silica gel putih dan silica gel natural. Silica gel putih yang ditawarkan disini memiliki daya serap yang tinggi dan bersifat hydroploic sehingga mampu menyerap air di udara.

Silica gel natural hampir sama dengan silica gel putih namun warnanya cenderung kecoklatan atau keabuan. Bahan yang digunakan juga lebih aman dari silica gel putih yaitu campuran dari mineral alam. maka dari itu, silica gel natural ini sangat cocok digunakan untuk segala jenis makanan kering seperti bambu dapur, makanan kemasan, makanan hewan dan sebagainya.

Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan untuk pemeliharaan rumah yang aman demi kesehatan dan lingkungan sekitar Anda. Setelah mengetahui beda silica gel biru dan silica gel putih, diharapkan untuk memilah dan memilih jenis silica gel sesuai dengan kebutuhan pada barang-barang kesayangan Anda.

CS Pengawet Kayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here