Bambu Terlihat Putih Bersih Dengan Pemutih Bambu Ramah Lingkungan
alterntif text

80 bambu endemik tumbuh di Indonesia dan diantaranya banyak dimanfaatkan sebagai perabotan atau furniture. Sebelum diolah, agar bambu cerah maka aplikasikan terlebih dahulu pemutih bambu.

Bambu banyak dikenal di China bahkan negara tersebut juga disebut sebagai ‘Tirai Bambu’ karena begitu suburnya bambu tumbuh di negara tersebut. Namun, bambu tidak hanya tumbuh di negara tersebut melainkan juga di berabagai negara di Asia termasuk Indonesia. Sedangkan di Indonesia, bambu yang tumbuh setidaknya terdapat ratusan dan 80 diantaranya adalah bambu yang khas tumbuh di Indonesia saja.

Bambu Terlihat Putih Bersih Dengan Pemutih Bambu Ramah Lingkungan

Di Indonesia, sejak dahulu bambu sudah banyak dimanfaatkan sebagai kebutuhan sehari-hari bahkan pahlawan atau pejuang Indonesia terdahulu banyak menggunakannya sebagai senjata perang. Pantas saja jika bambu merupakan tanaman yang perlu dijaga dengan baik. Mengingat pertumbuhan bambu saat ini cukup merosot karena pergeseran lahan menjadi rumah penduduk. Pada umumnya, bambu banyak tumbuh di pinggir-pinggir sungai sebagai penompang agar tidak mudah longsor. Terlepas akan hal tersebut, bambu kini banyak dimanfaatkan sebagai hiasan rumah, perabotan atau bahkan furniture.

Sebelum pengolahan bambu menjadi berbagai bentuk seperti hiasan atau furniture, bambu akan lebih baik jika di bleaching menggunakan pemutih bambu. Hal ini bertujuan agar memudahkan finishing terutama warna natural kayu sehingga serat tetap terlihat dan hasil warna semakin tajam.

Manfaat Bambu Yang Banyak Digunakan di Indonesia

Saat ini siapa lagi yang tidak kenal dengan bambu? Bambu sudah melekat dengan kehidupan masyarakat sejak masa penjajahan, bahkan bambu juga sering dimanfaatkan anak-anak untuk bermain. Tumbuhan yang satu ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai kebutuhan sampingan masyarakat saja melainkan juga bisa dimasak. Bagian yang bisa dijadikan makanan adalah rebung atau juga disebut bagian tunas dari bambu.

Tanaman ini dikenal dengan bulu-bulunya yang sangat gatal apabila tersentuh dengan kulit, meskipun demikian manfaat bambu sangatlah beragam. Maka dari itu, bambu mulai dikembangkan kembali karena pertumbuhannya yang cukup cepat dan kekuatannya yang tidak kalah dengan kayu. Selain digunakan sebagai apa yang disebutkan di atas, apa sih manfaat bambu saat ini?

  • Bambu merupakan tanaman yang memiliki kekuatan yang cukup kuat sehingga menjadi alternatif komponen bangunan setelah kayu. Meskipun kekuatan dan ketahanan bambu tidak sebaik kayu, namun bambu cukup menompang berbagai material bangunan. Hingga saat ini, bambu masih dimanfaatkan sebagai material bangunan untuk sebagian masyarakat di Indonesia. Bahkan kini bambu juga banyak dimanfaatkan sebagai interior wedding atau acara-acara resmi karena tampilannya yang alami.
  • Masih tidak lepas dari segi kekuatan dan ketahanan bambu, tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture. Furniture yang menggunakan material bambu pada umumnya menggunakan lapisan cat teak wood atau warna kayu lainnya. Tampilan ini justru membuat bambu semakin menarik karena lebih terkesan natural dan serat bambu masih terlihat.
  • Sebagai hiasan atau interior rumah. Desain interior pada umumnya selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Maka dari itu, bahan baku bambu diolah oleh pengrajin dengan bentuk atau pola yang beragam seperti wallpaper, hiasan dinding dan masih banyak lagi.

Bambu Terlihat Putih Bersih Dengan Pemutih Bambu Ramah LingkunganDari berbagai manfaat kegunaan tersebut, bambu akan mudah untuk melalui proses finishing apabila sebelumnya dilakukan bleaching dengan pemutih bambu.

Putihkan Bambu Dengan Pemutih Bambu Sebelum Diolah

Untuk membuat bambu sebagai furniture, hiasan maupun perabotan, alangkah baiknya buat bambu tersebut berwarna lebih cerah. Dengan demikian, bambu akan mudah untuk difinishing. Salah satu pemutih bambu yang efektif mencerahkan permukaan bambu adalah White Agent WA-250. Bleaching bambu mencerahkan bambu dengan tampilan putih natural, berbeda dengan pemutih konvensional pada umumnya yang cenderung putih pucat.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here