Anti Jamur Kayu
jamur permukaan pada furniture kayu

Kayu dikenal memiliki banyak kelebihan sebagai bahan furniture maupun untuk konstruksi. Permintaan konsumen terhadap kayu ini cukup banyak mulai dari kayu mentah hingga ynag sudah jadi furniture. Menggunakan kayu sebagai bahan bangunan atau furniture tentu memiliki kepuasan tersendiri. Seperti furniture yang kebanyakan menggunakan warna natural sebagai finishingnya.

Tentu finishing warna natural ini memperlihatkan serat dari kayu sehingga kayu lebih terlihat alami dan terlihat glamor. Ini poin yang menjadi salah satu kelebihan kayu sebagai bahan baku furniture. Kayu memiliki banyak jenis dan serat yang berbeda. Kekuatan dari kayu uga menjadi perhitungan dalam menggunakan kayu. Semakin mahal kayu, maka kayu biasanya akan semakin awet dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Karena permintaan kayu yang cukup banyak, banyak produsen kayu menebang pohonberusia muda padahal belum layak untuk ditebang. Kayu yang berusia muda ini tentu memiliki kelemhana mudah rapuh. Kualitasnya tidak sebaik kayu tua yang sudah siap panen. Pohon yang sudah tua memiliki pori-pori kecil sehingga kemungkinan menyerap airnya lebih sedikit dibanding kayu berusia muda.

Untuk membedakan mana kayu muda dan kayu tua Anda harus merabanya dahulu untuk memastikan kayu tersebut sudah tua atau masih muda. Jika tekstur kayu halus, maka kayu tersebut berasal dari kayu tua. Dan jika kayu memiiki tekstur yang kasar berarti kayu masih muda. Semakin halus kayu maka semakin tua kayu tersebut. Namun jangan terkecoh pada kayu yang sudah diolah menjadi barang, kayu yang bisa dilihat sudah tua atu masih muda bisa dilihat pada saat kayu masih murni, belum diolah dan belum diberi bahan-bahan untuk finishing lainnya.

CS Pengawet Kayu

Kayu bukanlah bahan yang sudah mati walaupun sudah ditebang, dipotong, ataupun difinishing. Didalam serat kayu masih ada sedikit fungsi menyerap air, namun tidak sebaik pada saat kayu masih menjadi pohon. Ketika masih menjadi pohon, maka pohon akan menyerap banyak air sehingga jika akan digunakan atau setalh pohon ditebang harus dikeringkan agar mudah untuk di finishing.

Kayu yang memiliki banyak kandungan air didalamnya akan membuat kualitas kayu menjadi menurun dan biasanya kayu akan mudah lapuk. Pohon sehabis ditebang akanmuncul jamur dalam waktu 1 x 24 jam. Munculnya jamur ini karena getah didalam kayu dan kandungan air didalamnya masih cukup banyak sehingga mengundang jamur. Jamur pada kayu biasanya ditandai dengan adanya warna hitam atau kebiru-biruan yang biasa disebut blue stain.

Kayu sangat mudah terserang oleh jamur manakala kondisinya basah atau udara lingkungannya lembab. Jamur berawal dari spora yang akan berkecambah dan tumbuh benang-benang apabila spora jatuh di tempat yang lembab. Apabila spora ini jatuh pada permukaan kayu yang basah atau udara lingkungannya lembab, setelah berkecambah dan membentuk benang-benang, benang-benmg ini akan menyerang kayu. Dari Ujung benang akan keluar cairan yang bersifat seperti asam keras yang melunakkan kayu. Setelah kayu menjadi lunak, kayu akan diserap oleh benang jamur untuk kehidupannya.

Secara umum syarat hidup jamur atau cendawan ada 4 yaitu pertama adanya makanan, dalam hal ini kayu menjadi sumber makanan jamur atau cendawan, kedua ada air, kayu yang mudah diserang jamur kayu yang memiliki kadar air sedikit di atas titik jenuh serat atau kayu basah, ketiga ada udara, berarti rongga sel kayu tidak dipenuhi oleh air, keempat suhu udara yang optimum yaitu antara 5 sampai 38° C. Daerah tropika seperti Indonesia memiliki suhu yang optimum bagi jamur atau cendawan karenanya merupakan surga bagi kehidupan jamur atau cendawan, kecuali di puncak-puncak gunung yang tinggi seperti puncak gunung Jayawijaya yang selalu terselimuti dengan es.

Dalam penggunaan praktek, kayu-kayu yang mudah terserang jamur atau cendawan yaitu segala macam tiang yang yang berhubungan langsung dengan tanah lembab (tiang rumah, tiang jembatan, tiang pagar, tiang listrik dan sebagainya), kusen dan pintu kamar mandi, papan dan kayu penyangga talang air. kayu bangunan di dalam pabrik yang banyak menggunakan air seperti pabrik minum-an, pabrik es dan pabrik kertas. kayu bangunan di sekitar kolam renang, kayu bangunan di dalam ruang pertemuan dan kayu bangunan di dalam ruang yang kurang memperoleh pergantian udara.

Anti Jamur Kayu
jamur permukaan menimbulkan noda hitam pada kayu

Jenis-jenis jamur yang perlu Anda ketahui menurut serangannya dibagi menjadi jamur permukaan dan jamur pelapuk.

  1. Jamur Permukaan

Jamur permukaan ini menyerang pada permukaan kayu saja. Benangnya mencari makan di dalam rongga sel kayu yang berupa pati dan gala. Jamur permukaan ini tidak merusak kayu sehingga kayu tetap tidak mengalami penurunan pada kekuatannya. Jamur jenis inihanya meninggalkan noda pada kayu yang disebabkan warna enzym pada benang jamur tersebut. Tidak semua kayu bisa diserang oleh jamur jenis ini, hanya kayu yang mengandung pati dan gala yang akan diserang oleh jamur ini. yang paling sering muncul adalah jenis jamur blue stain.

  1. Jamur Pelapuk

jenis jenis jamur pelapuk yang biasa ditemui antara lain:

  1. jamur pelapuk kayu cepat

Jamur pelapuk ini ada yang berwarna coklat dan putih. Keduanya meninggalkan noda coklat dan putih pada permukaan kayu. kayu yang diserang jamur ini akan mudah lapuk dengan cepat

2. jamur pelapuk lambat

Kayu yang diserang oleh jamur ini akan menjadi lunak namun cukup lambat serangannya. Jamur ini mneyerang pada kayu yang cukup basah.

3. Jamur pelapuk kayu kering

Jamur jenis ini melapukkan kayu yang sudah kering. Benang jamur tumbuh bercabang kemudian mengangkut air dan ditumpahkan ke permukaan kayu. Proses itulah yang mulai melapukkan kayu.

Anti Jamur Kayu
biocide sfp untuk mengatasi jamur permukaan

Kayu muda yang ditebang sebelum waktunya akan memiliki resiko diserang oleh jamur. karena kandungan air didalam kayu muda masih cukup banyak, maka jamur dengan mudah dapat menyerang pada kayu. Untuk menghindarkan kayu muda diserang oleh jamur, maka Anda harus segera memberi treatmen dengan aplikasi obat anti jamur.

Bahan kimia anti jamur ini bisa menggunakan obat khusus untuk jamur kayu tetapi yang aman sehingga tidak mencemari lingkungan ataupun mengganggu kesehatan. Untuk obat anti jamur sebaiknya pilihlah yang berbahan TCMBT/MBT. Bahan tersebut diformulasikan untuk mencegah jamur substrat sehingga kayu memiliki umur pakai yang lama.

Bahan aktif tersebut bis didapatkan pada obat anti jamur Biocide Wood Fungicide. Obat ini bekerja secara efektif pada kayu yang basah untuk mencegah tumbuhnya jamur. Untuk aplikasinya bisa menggunakan metode kuas ataupun rendam. Selain itu obat anti jamur ini bis dilarutkan menggunakn cmpuran air, minyak ataupun solvent.

Namun jika Anda menginginkan hasil yang aman dan tidak ingin mencemari lingkungan ataupun merusak kesehatan And bisa menggunakan campuran air. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama prses aplikasi, sebaiknya gunakan pelindung seperti masker, sarung tangan dan alas kaki. Untuk info obat anti jamur Biocide Wood Fungicide inibisa menghubungi kontak kami.

CS Pengawet Kayu
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here